Cek Data Guru Melalui Laman Info GTK Hasil Sinkron Aplikasi Dapodik


Pengecekan lembar Info GTK melalui laman resmi yang disediakan oleh Kemdikbud melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, sangat penting dilakukan untuk memastikan data yang telah dikirimkan atau disinkronisasi sudah benar-benar valid mengingat data Info GTK tersebut berkaitan dengan proses pencairan beraneka tunjangan.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa, guna pencairan tunjangan guru seperti sertifikasi guru, tunjangan fungsional (saat ini tunjangan insentif), tunjangan guru daerah terpencil, maupun tunjangan beasiswa bagi guru bergantung pada validasi data yang bersumber dari lembar Info GTK. Hal tersebut disebabkan karena data info GTK hasil sinkron dapodik merupakan data valid karena langsung bersumber dari lembaga masing-masing dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Berikut Cara Cek Info GTK hasil Sinkron Dapodik Sekolah :
  1. Buka salah satu link berikut dan selanjutnya masukkan NUPTK/NRG/NIK sebagai usernamenya dan tanggal lahir (dengan format YYYY/MM/DD) sebagai passwordnya serta masukkan pula kode chapta yang tertulis pada gambar dan terakhir klik login.

    http://223.27.144.195:8081
    http://223.27.144.195:8082
    http://223.27.144.195:8083


  2. Cek satu persatu data nama, NIP, status pegawai, Ijazah terakhir, pangkat dan lainnya untuk memastikan data yang ada telah sesuai dengan dokumen guru yang anda miliki


  3. Jika terkait tunjangan sertifikasi guru, perhatian validasi data pada kolom "Verifikasi Data Tunjangan Profesi" sudah tidak ada yang bertanda merah yang menandakan masih adanya data yang belum valid.


  4. Terakhir pastikan pula data pada rombongan belajar, telah terisi jam mengajar minimal 24 jam perminggunya dan harus linies dengan jenis guru.
  5. Jika masih terdapat kekeliruan silahkan perbaiki dan sinkron kembali aplikasi dapodik melaui Operator Sekolah yang ditunjuk.
Untuk menghindari server down yang berakibat sulitnya lembar info GTK untuk dibuka, silahkan lakukan pengecekan data diluar jam sibuk misal pagi atau malam hari dan kami sarankan menggunakan koneksi internet yang stabil.

Sekian informasi tentang Cek Data Guru Laman Info GTK Hasil Sinkron Dapodik, simak informasi kami seputar penkdidikan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar